24.4 C
Indonesia
Wednesday, May 31, 2023

Habitat Terganggu Harimau Teror Warga

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

PASAMAN,NASIONAL3.COM-Kemunculan harimau ke perkampungan Masyarakat Huta Pinang Jorong IV Pasar Kamis Nagari di Koto Nopan, Kecamatan Rao Utara, membuat masyarakat kampung tersebut resah dan takut untuk beraktifitas.Kamis (29/12)

Atas kejadian ini BKSDA Sumatera Barat menurunkan timnya ke lokasi untuk melakukan pemantauan, pemasangan perangkap serta kamera pengintai.

Terkait penyebab kemunculan harimau ke perkampungan warga ini, Kepala BKSDA Sumatera Barat Ardi Andono kepada media menyampaikan kemungkinan karena adanya kerusakan habitat harimau.

“Kemungkinan Harimau Sumatra keluar terus menerus adalah rusaknya habitat karena banyaknya aktivitas masyarakat”ungkapnya.

Untuk itu Ardi menyampaikan akan perlunya dukungan Muspida dan parapihak lainnya dalam menghentikan kerusakan hutan ini.

“BKSDA Sumbar tidak mungkin terus menerus stanby di lokasi tersebut, untuk itu perlu upaya kongkrit dari semua pihak untuk segera melakukan operasi menghentikan kerusakan rumah harimau,”imbuhnya.

Ardi menambahkan bahwa Harimau Pasaman sangat terkenal dan melegenda, ia berharap jangan sampai hilang dan musnah rumahnya

“Seekor harimau betina membutuhkan kawasan sekira 50 kilometer persegi, sementara pejantan lebih luas, sekira tiga kali daerah jelajah betina atau bisa dikatakan harimau ini membutuhkan 50-150 kmĀ² daya jelajah,”tutupnya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here